Andi Malewa, Kepedulian Yang Mengispirasi
Andi Malewa, Kepedulian Yang Mengispirasi
By : Nara Sophiaan

Inspirasi itu bisa muncul ketika kita merasa prihatin dengan suatu keadaan. Ya, setidaknya itulah yang ditemukan Andi Malewa setelah ia memutuskan untuk pergi dari kampung halamannya di Makassar menuju Jakarta. 

Andi rela pergi merantau untuk mencari kehidupan yang lebih baik demi membiayai sekolah adiknya. Passion-nya di dunia musik membuat Andi mencoba mengamen di terminal depok untuk mencari nafkah, sembari meneruskan kuliahnya di jurusan Teknik Informatika, Universitas Pancasila, yang dibiayai oleh seorang donatur. Di terminal Depok itulah Andi mulai punya banyak teman anak-anak jalanan. 

Ada peraturan pemerintah yang melarang semua masyarakat untuk tidak memberikan uang kepada pengamen, Andi pun merasa prihatin dan tergerak untuk membuat perubahan. 

Berdasar keprihatinannya itu, Andi Malewa tergerak untuk mendirikan Institut Musik Jalanan. Institut yang didirikan pada tahun 2013 ini menjadi tempat bagi para pengamen berbakat mematangkan karya dan memproduksinya ke dalam CD lalu dipasarkan via media sosial hingga ke mancanegara. Tak hanya itu, IMJ juga membina para pengamen jalanan lewat kelas-kelas yang berisi program pengajaran yang bertujuan mengasah wawasan musik serta talenta mereka.

Tercatat di tahun 2014, Institut Musik Jalanan mampu melahirkan sejumlah karya musisi jalanan bertalenta yang albumnya sudah terjual sebanyak 2000 keping di pasar domestik dan mancanegara, salah satunya Jepang. 

Andi berharap karya-karya para musisi jalanan binaannya dapat diterima masyarakat luas dan juga industri musik Indonesia. Ia juga punya harapan besar kepada pemerintah untuk mendukung institut yang memberdayakan musisi jalanan ini.

Terinspirasi sama ide yang diwujudkan Andi? Saatnya lo semua ketemu: ngobrol langsung soal passion bareng Andi Malewa di :

  1. Passionville 2017 Campus Roadshow Jogja @ Kampus ISI, 19 April 2017 
  2. Passionville 2017 Campus Roadshow Malang @ Kampus UMM, 26 April 2017
  3. Passionville 2017 Campus Roadshow Surabaya @ Kampus ITS, 28 April 2017

Apa aja yang bisa lo lakukan di Passionville 2017 Campus Roadshow? Liat jadwal lengkapnya di sini.

Untuk info lengkap tentang Passionville 2017 Campus Roadshow dan gimana cara daftar jadi Diplomat Agent of Passion buat mencari project-project keren di sekitar lo, kunjungi halaman ini dan pantau terus akun media Instagram, Facebook, dan Twitter Passionville!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

#PassionForNation #MusicConcert #Solo Through The Lens!
3 Kontribusi Nyata Yang Bisa Lo Lakukan Lewat #ProjectPassion
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.