Belajar dari Pengalaman Hidup ala Rene Suhardono
Belajar dari Pengalaman Hidup ala Rene Suhardono
By : Nara Sophiaan

Passioners, siapa sih yang gak kenal sama penulis yang satu ini? Mungkin buat sebagian orang, ngobrolin soal passion itu erat kaitannya sama Rene Suhardono. Rene memang sering banget ngebahas soal passion setiap kali ia diundang jadi pembicara atau saat sharing session. Nah, semua ini nggak terlepas dari profesi dan pengalamannya.

Rene Suhardono lahir di Jakarta, 8 Juli 1972.  Buku yang ia tulis berjudul "Your Job is Not Your Career" banyak diminati dan membuat Rene mulai dikenal sebagai Education Reformist. Lewat buku ini Rene mencoba untuk meyakinkan semua orang bahwa pekerjaan berbeda dengan karir. Kita bisa dipecat dari pekerjaan tapi kita tidak bisa dipecat dari karir. Lewat buku ini, Rene mengajak kita untuk mendalami dan mengikuti passion.

Berbicara soal background, Rene tinggal di keluarga yang berorientasi pada pendidikan, sehingga ia dituntut untuk memiliki pendidikan tinggi dan kemudian bekerja mendapatkan gaji yang tinggi. Rene pun bekerja sebagai bankir selama beberapa tahun. Sampai pada satu titik, ia merasa jenuh dengan pekerjaannya. Semua rekan kerja yang ditemuinya selalu berpakaian rapi dan serius dan bekerja dalam rutinitas kantor. Ia merasa itu bukan dunianya hingga membuat ia keluar dari pekerjaannya.

Setelah keluar dari pekerjaannya ia berjalan-jalan dan merenung apa yang sebenarnya ia cari dalam hidupnya. Ia berpikir kalau passion-nya ada di personal development

Berkaca dari pengalamannya itu, ia pun bersama temannya mendirikan organisasi bernama Happy5 yang bertujuan untuk membantu perusahaan untuk menciptakan "kultur kerja" yang membahagiakan dan menyenangkan buat karyawannya. Selanjutnya ia juga mendirikan Impact Factory yang merupakan konsultan untuk membantu perusahaan mengoptimalkan para pegawainya. Impact Factory juga mengenalkan pemikiran untuk melatih seseorang untuk menjedi wirausahawan. Menurut Rene, seseorang belum menemukan karirnya jika mereka belum melakukan kegiatan yang mereka sukai sehingga tidak ada lagi beban saat mengerjakannya.

Mau ngobrol langsung bareng Rene sekaligus diskusi soal passion kalian? Temui Rene di: 

  1. Passionville 2017 Campus Roadshow Jogja @ Kampus ISI, 19 April 2017 
  2. Passionville 2017 Campus Roadshow Solo @ Taman Budaya Surakarta, 21 April 2017
  3. Passionville 2017 Campus Roadshow Surabaya @ Kampus ITS, 28 April 2017

Apa aja yang bisa lo lakukan di Passionville 2017 Campus Roadshow? Liat jadwal lengkapnya di sini.

Untuk info lengkap tentang Passionville 2017 Campus Roadshow dan gimana cara daftar jadi Diplomat Agent of Passion buat mencari project-project keren di sekitar lo, kunjungi halaman ini dan pantau terus akun media Instagram, Facebook, dan Twitter Passionville!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

#PassionForNation #MusicConcert #Solo Through The Lens!
3 Kontribusi Nyata Yang Bisa Lo Lakukan Lewat #ProjectPassion
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.