Panduan Lengkap Mengisi Proposal #ProjectPassion
Panduan Lengkap Mengisi Proposal #ProjectPassion
By : Nara

Buat passioners yang punya ide project kreatif yang tentunya bisa bermanfaat buat lingkungan, kota, bahkan negara, sudah seharusnya lo hidupkan dan wujudkan project impian lo dengan ikutan #ProjectPassion #PassionForNation di Passionville 2017! 

Untuk merealisasikan project impian lo ini, lo bisa daftarkan ide #ProjectPassion via www.passionville.id. Lo dipersilahkan untuk menjelaskan informasi dan gambaran besar dari project, beserta dengan foto atau video yang bisa memperkuat penjelasan tentang project lo ini. Nantinya, proposal #ProjectPassion lo ini akan diseleksi bersama proposal dari passioners lainnya untuk selanjutnya dipilih sebagai finalis dan passioners dengan ide terbaik menurut juri berhak untuk merealisasikan #ProjectPassion-nya!

Passioners, masih bingung untuk mengisi proposal #ProjectPassion? Jangan bingung! Simak simulasi berikut ini:

Tahap Pertama: Daftar Akun di www.passionville.id

Daftar akun dengan mengisi data diri dengan data nama, alamat email sebagai username lo, dan password untuk masuk ke dalam akun lo tersebut. Pastikan alamat email valid karena akan menjadi channel penghubung antara lo dengan tim Passionville. 

Tahap Kedua: Isi Proposal #ProjectPassion

01. Tentang Project Passion

Pada bagian ini, lo diminta untuk menjelaskan apa itu passion lo, apakah itu art, music, photography, cinematography dan lain lain. Namun hal ini tidak terbatas pada passion-passion yang sifatnya umum ya! Misalnya passion lo adalah memasak, lo bisa isi field tersebut dengan culinary. Setelah itu lo bisa pilih tipe dari project lo ini, apakah perorangan atau kelompok. 

Selanjutnya, masukan judul project yang mewakili tujuan dari #ProjectPassion lo ini. Kalau lo masih bingung untuk menentukan judul project, it's alright! Isi saja dulu nama yang kira-kira tepat, nantinya jika lo sudah ada ide, lo masih punya kesempatan untuk mengubah judul selama lo belum klik tombol "Submit". 

Berikutnya lo diminta untuk mejelaskan darimana lo mengetahui tentang program #ProjectPassion ini. Apakah dari Diplomat Agent of Passion (DAoP) atau dari channel lainnya. Jika lo tahu #ProjectPassion dari Diplomat Agent of Passion, silakan cari dan pilih nama DAoP yang dimaksud, Karena nantinya DAoP ini akan bertugas sebagai mentor lo di tahap selanjutnya. 

Kalau lo pertama kali dapetin info #ProjectPassion dari channel lainnya, silakan pilih dan isi darimana sumbernya. Apakah itu dari media sosial, website, radio dan lain-lain. Setelah semua terisi, lo dipersilahkan untuk klik tombol "Lanjutkan" atau "Next".

02. Deskripsi

Pada bagian ini, lo diminta untuk menjelaskan deskripsi dari #ProjectPassion lo sejelas-jelasnya. Mulai dari awal mula munculnya ide project ini, modal apa yang lo punya untuk mendukung usaha lo mengelola project, sampai dengan tujuan yang ingin lo capai apabila project lo ini terealisasikan.  

Selanjutnya lo diminta untuk menjelaskan apa saja tantangan dan resiko yang mungkin lo hadapi ketika menjalankan project ini. Jelaskan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, karena lewat penjelasan tersebut bisa dinilai seberapa pahamkah lo terhadap project yang akan lo buat ini. Jika semua sudah terisi dengan baik, lo dipersilakan untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

03. Media

Selanjutnya, lo diharuskan untuk menyisipkan foto / image / sketsa yang kira-kira bisa membantu menggambarkan atau mendukung penjelasan lo tentang project yang akan dibuat tersebut. Pastikan gambar yang lo upload berformat .jpeg atau .png agar lebih aman dan file size-nya tidak terlalu besar (misalnya: 100 kb), hal ini sekaligus untuk menghindari proses upload yang error atau membuat lo menunggu terlalu lama karena koneksi internet yang terbatas.

Selain itu, lo juga bisa membuat video tentang penjelasan project lo ini dan menggunggahnya via Youtube atau lo juga bisa menggunakan video yang sudah ada sebelumnya untuk semakin menguatkan penjelasan tentang project impian lo. Sertakan link/URL youtube pada field yang tersedia dan beres! 

04. Budget

Tahapan selanjutnya adalah lo diminta untuk memperkirakan total budget yang diperlukan untuk mewujudkan project lo ini. Untuk bisa memperkirakan secara jelas, ada baiknya lo ambil coret-coretan dan mulai mengelompokan mana biaya yang termasuk sebagai biaya tetap (fixed cost) dan mana yang merupakan biaya yang sewaktu-waktu bisa berubah-ubah (variable cost). Misalnya project lo adalah showcase/exhibition lukisan, maka yang merupakan fixed cost antara lain adalah: biaya sewa tempat pameran, biaya bahan baku, biaya akomodasi, dan lain-lain. Sedangkan yang termasuk variable cost antara lain adalah: biaya konsumsi, upah pekerja pemasang instalasi, biaya printing untuk collaterals, biaya transportasi dan lain-lain. Setelah perhitungan mantab, kemudian lo cukup menjumlahkan total biaya dan selanjutnya memilih range biaya yang tersedia sesuai dengan hasil penjumlahan tersebut, apakah kurang dari Rp 50 Juta, Rp 50 Juta - Rp 100 juta, atau lebih dari Rp 100 Juta.

05. Data Diri

Tahapan yang terakhir adalah lo diminta mengisi data dengan data yang valid dan sebenar-benarnya, karena apabila lo terpilih sebagai pemenang maka tim Passionville akan menghubungi lo berdasarkan data yang tersimpan pada akun lo tersebut. Pastikan lo mengisi nama lengkap, kota asal, nomor telepon aktif, akun sosial media, kegiatan sehari-hari, dan upload foto KTP lo sebagai validasi data. Setelah semua terisi dengan baik, saatnya lo cek dan ricek semua informasi #ProjectPassion yang ada di tahap sebelumnya. Jika lo sudah yakin dengan semua data project impian lo ini, saatnya menekan tombol "Submit" dan seluruh proses pendaftaran proposal telah selesai. Semoga #ProjectPassion lo terpilih untuk direalisasikan di Passionville 2017 #PassionForNation!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Bikin Passion Lo Terus Membara Sepanjang Waktu
Sebelum Mulai Gapai Passion, Tanyakan Ini Pada Diri Sendiri
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.