Pastikan Semua Ide Tereksekusi Jadi Aksi
Pastikan Semua Ide Tereksekusi Jadi Aksi
By : Nara


Orang-orang hebat dan inovatif yang namanya sering muncul di media-media seperti Inc, Forbes, sampai Wired selalu memulai segalanya dari rasa ‘geregetan’ yang muncul atas sebuah masalah, lalu hadir dengan ide-ide menarik, sehingga nantinya bisa mengubah dunia.

Kemudian, hal tersebut tak berhenti sampai sana. Yang membedakan mereka dengan [sebagian dari] lo adalah; mereka kemudian mengeksekusi ide-ide seru tersebut menjadi aksi. Lalu jadilah berbagai macam layanan, temuan, sampai produk yang akhirnya bisa kita nikmati dan gunakan sampai saat ini.

Keberanian mengeksekusi ide untuk proyek yang nantinya bisa mengubah lingkungan adalah sesuatu yang bernilai tinggi. Sayangnya banyak yang terjebak dengan rasa minder, takut gagal, dan berbagai macam alasan lainnya. Padahal tak sulit untuk membuat ide menjadi aksi nyata. Passioner hanya mesti memperhatikan hal-hal di bawah ini;

Pastikan ide tersebut relevan dengan lingkungan lo

Ambil contoh soal kota Jakarta yang macetnya nggak sembuh-sembuh. Kemudian Passioner melihat caranya; untuk menembus macet yang menggila, butuh motor sebagai kendaraan yang lebih fleksibel. Karena itu, terciptalah layanan ojek online yang sering membantu lo menembus kemacetan dan menghemat waktu.

Di sini Passioner bisa melihat bahwa ide lo relevan dengan masalah yang ada di lingkungan lo. Jadi, jangan takut untuk membuat ini jadi ‘beneran ada’, karena yang akan menggunakan layanan lo akan banyak.

Jelaskan ide lo sesederhana mungkin, sehingga siapa pun bisa mengertinya

Saat Passioner ingin curhat soal ide menarik yang bakal mengubah lingkungan lo, jelaskan itu semua dengan bahasa yang membumi, sederhana, tapi tetap komprehensif dan tepat guna. Jika dibutuhkan, Passioner bisa membuat slide sederhana, dengan grafik cantik tanpa bahasa yang berat.

Urusan data dan angka yang lebih dalam sifatnya, itu semua disimpan saja dulu sampai Passioner bertemu dengan orang yang siap mendanai proyek lo lebih jauh. Di poin ini, Passioner dapat menunjukkan keahlian "jualan" ide agar nantinya mendapat reward investasi dari yang bersangkutan. Yang berarti, ide lo bisa naik ke level selanjutnya; mengeksekusinya menjadi aksi.

Minta pendapat orang lain: perlu banget

Bagaimana kalau tidak? Hasilnya, proyek lo cuma jadi media pemuas ego saja, yang efeknya nanti ketika dijadikan nyata malah tidak tepat guna, atau bahkan sama sekali nggak relevan dengan lingkungan lo.

Jangan gengsi untuk minta pendapat orang lain soal ide lo. Juga jangan bete kalau ide Passioner dikritik. Yang begituan justru membuat ide lo bisa semakin tajam ketika siap dieksekusi nantinya.

Ajak orang yang juga mengerti di bidang proyek yang mau lo jalani nanti, kemudian susun pro dan kontra, positif-negatifnya dalam sebuah bagan agar Passioner dan orang-orang yang dimintai pendapat bisa sama-sama mengerti masalah apa yang ingin lo pecahkan melalui ide inovatif yang akan lo jadikan kenyataan itu.

Bikin daftar ide yang sudah dirumuskan, kemudian jalankan tes pada tiap poinnya

Setelah ide besar yang lo gulirkan, kemudian Passioner bertemu banyak orang untuk berdiskusi, dari situ ada banyak cabang-cabang ide kecil yang nantinya malah bikin lo makin semangat untuk mengeksekusi proyek sesuai impian lo. Dari ide-ide kecil yang sudah rumuskan tesebut, lo bisa membuat “tes pasar” untuk masing-masingnya.

Misalnya begini; Passioner punya ide untuk membuat perpustakaan yang bukunya bisa diantar-jemput. Kemudian ada beberapa ide “permasalahan” yang bisa lo tes dari sini. Kayak, berapa banyak cakupan calon pelanggan perpustakaan lo nantinya? Lalu di sini, lo bisa turun langsung mengecek data target pasar. Lalu misalnya, siapa yang akan mengantar dan menjemput buku-buku tersebut? Lo bisa wawancara calon anggota, idealnya seperti apa. Dan, bagaimana hitungan tarifnya? Karena lo juga mesti memikirkan bahan bakar yang digunakan untuk pengantaran dan penjemputan buku-buku tersebut. Lo bisa mengetes langsung dengan melakukan simulasi antar-jemput buku ke/di beberapa tempat.

Setelah fase ini, lo bisa mulai mengeksekusi ide menjadi aksi dengan menyusun rencana proyek yang siap dijalankan.

Proyek impian lo sudah di depan mata, lho. Ini yang seru; passioner berkesempatan untuk menjalankan sendiri ide-ide atau ambisi yang selama ini cuma berakhir di kepala dan tak pernah jadi tereksekusi. Jadikan ide-ide tersebut nyata melalui aktivitas #ProjectPassion di Passionville.

Passionville adalah tempat lo mewujudkan mimpi, merealisasikan proyek sesuai passion yang impact-nya dapat dirasakan oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar lo. Siapkan diri mulai dari sekarang untuk ikutan #Passionville2018, nantinya lo bisa kirimkan proposal proyek sesuai passion lo yang diharapkan dapat memiliki dampak positif via www.passionville.id.

Pantau terus informasi tentang #Passionville2018 nanti di InstagramFacebook, juga akun Twitter-nya. Semoga sukses!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Saatnya Evaluasi Setelah Bikin Showcase
Showcase Bakal Lebih Mantap dengan Pilihan Venue yang Bagus
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.