Pentingnya Menyusun Rencana Proyek Sesuai Passion Lo
Pentingnya Menyusun Rencana Proyek Sesuai Passion Lo
By : rheza fp

Ketika ide sudah di kepala, kemudian lo makin ‘ngebet’ untuk merealisasikan proyek idealis lo yang nantinya akan berdampak positif pada orang-orang dan lingkungan di sekitar lo. Tentu ini jadi salah satu fase yang Passioner lewati ketika siap mengeksekusi ide-ide tersebut. Lalu, nggak berhenti di ‘ngebet’ atau ‘geregetan’ saja, Passioner kemudian mengambil langkah selanjutnya; merencanakan proyek sesuai passion lo.

Untuk bisa sampai ke fase perencanaan, itu berarti lo sudah makin serius untuk menjadikan proyek idealis lo kenyataan. Syukur-syukur banyak yang tertarik, dan lo bisa melihat sendiri impact-nya di depan mata lo.

Ketika merencanakan proyek (idealis) lo, lo sudah tahu akan melakukan apa saja. Tapi yang tak banyak diketahui justru satu: alasan lo membuat perencanaan tersebut. Unik memang. Perencanaannya jadi fase yang paling esensial, tapi justru lo bisa saja missed soal ‘pentingnya’ merencanakan proyek itu. Jadi, apa saja alasannya?

Menentukan gol proyek lo

Ketika merencanakan, lo nggak hanya membayangkan akan seperti apa proyek itu berjalan. Tetapi--yang terpenting--dengan perencanaan ini, lo bisa tahu gol proyek lo apa. Di sini lo bisa mendiskusikan bersama dengan orang-orang yang terlibat, untuk menajamkan apa yang Passioner tuju nantinya melalui hal yang akan lo (dan kalian) buat nanti.

Menghindari hal yang sia-sia

Dengan perencanaan yang baik, Passioner bakal jadi tahu tugas apa saja yang nantinya akan lo kerjakan. Premis ini terdengar sederhana, tapi efeknya penting buat Passioner dan tim lo nantinya. Lo bisa menghindari hal atau pekerjaan yang sebenarnya nggak begitu berguna untuk proyek lo. Passioner jadi bisa lebih fokus dan efisien bekerja sesuai rencana, dan tetap tertuju pada gol yang sudah diset.

Mengerti risiko dan pencegahannya

Penyusunan rencana untuk mengeksekusi sebuah proyek juga membantu Passioner bisa mengerti risiko yang akan ditemui ketika nantinya proyek tersebut berjalan. Kalau sudah tahu risikonya, sudah tentu lo nantinya juga menyiapkan pencegahan dan segala prosedur standar untuk membereskan masalah-masalahnya. Dengan begini, sudah tentu proyek idealis lo punya kesempatan untuk berjalan lebih mulus.

Memberi arah untuk pengambilan keputusan

Plan dibuat dengan berbagai pertimbangan berbasis survei. Saat telah jadi, perencanaan proyek bisa memberikan Passioner arah jika suatu saat lo dan tim bingung akan melakukan apa ketika menemukan halangan yang sifatnya kompleks. Perencanaan proyek seperti peta yang bisa dibuka kembali kapan saja untuk menuntun lo harus ambil keputusan bagaimana nantinya agar tetap pada visi dan misi yang telah disepakati bersama.

Kini Passioner punya satu ‘amunisi’ lagi untuk menjadikan proyek idealis yang selama ini ada di pikiran, menjadi kenyataan. Jika sudah siap, rencanakan proyek lo dengan baik, dan berpartisipasilah pada #ProjectPassion di Passionville.

Passionville adalah sebuah wadah untuk mewujudkan mimpi, tempat Passioner merealisasikan proyek sesuai passion yang impact-nya dapat dirasakan oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar lo. Passioner dapat mendaftarkan diri di www.passionville.id serta mengirimkan proposal proyek sesuai passion lo yang diharapkan dapat memiliki dampak positif.

Demi menjaring proposal-proposal keren dengan impact keren untuk lingkungan, Passionville juga akan road show di beberapa kota di Pulau Jawa dengan agenda seperti workshop, passion exhibition (seperti seni rupa, fotografi, otomotif, musik, dan film), sampai ke konser mini.

Segera wujudkan mimpi lo sendiri melalui #ProjectPassion di Passionville!

Pantau terus informasi tentang inisiatif ini di InstagramFacebook, juga akun Twitter-nya. Semoga sukses!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Pastikan Semua Ide Tereksekusi Jadi Aksi
Saatnya Evaluasi Setelah Bikin Showcase
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.