SUPERCARD Ala Teman-Teman IMJ
SUPERCARD Ala Teman-Teman IMJ
By : rheza fp

Passioners pernah denger mengenai SUPERCARD? Dan apa sih kekuatan dari SUPERCARD ini? SUPERCARD adalah kepanjangan dari Support Performer Card yang merupakan sebuah program yang digelar sejak Februari 2016 lalu oleh Institut Musik Jalanan (IMJ) yang didirikan oleh Andi Malewa. Karena melihat zaman yang semakin berkembang seperti bus (menjadi Transjakarta) dan kereta api (menjadi Commuter line) yang terintegrasi sudah tidak memungkinkan lagi untuk para pengamen, mengamen di tempat-tempat tersebut. Ini membuat Andi Malewa untuk memikirkan tentang bagaimana solusi terbaik khususnya bagi teman-teman pengamen dengan memunculkan program ini.

Awalnya program supercard ini dijalankan di kota Depok yang bertujuan untuk memfasilitasi pengamen-pengamen atau musisi jalanan agar bisa mengamen dan bermusik di tempat yang layak. Kerjasama dilakukan dengan berbagai tempat hiburan seperti mal dan kafe di kota Depok dan seiring waktu program ini mendapatkan dukungan dari pemerintah kota Depok. Pada 30 April 2016 berlokasi di Balaikota Depok, program ini diresmikan oleh Walikota Depok bapak Mohammad Idris sebagai sebuah program yang bertujuan untuk menata dan memperbaiki kesejahteraan pengamen jalanan di kota Depok.

Depok Super Card, disebut juga dengan Kartu Bebas Ngamen, menjadi bukti bahwa pengamen telah mendapatkan pelatihan dan pendidikan di IMJ. Dengan kartu ini juga diharapkan mereka tidak lagi memenuhi jalanan di Kota Depok. Pengamen yang disalurkan ke IMJ mendapatkan pelatihan dan pembinaan dengan dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan selanjutnya direncanakan akan didukung pula oleh Pemkot Depok.

Tidak main-main, Institut Musik Jalanan mendapat sambutan antusias dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melaksanakan program ini. Program ini diperjuangkan agar musisi-musisi jalanan di Indonesia dapat berekspresi dan berkarya sesuai dengan passion mereka, seperti yang dilakukan oleh negara-negara lain yang telah lebih dahulu memberikan license bagi street performer di negara mereka. Kartu ini pula yang kelak akan membedakan, siapa yang layak disebut musisi jalanan, mana preman berkedok pengamen dan mana pengemis yang berkedok sebagai pengamen. Tapi ternyata tidak mudah buat mendapatkan kartu SUPERCARD ini karena para musisi jalanan harus mengikuti audisi yang ketat dan mengikuti beberapa program di IMJ.

So Passioners, masih ragu dengan passion lo bakal memberikan dampak positif bagi lingkungkan sekitar, kota, bahkan negara? Bang Andi Malewa melalui IMJ dan program-programnya adalah contoh nyata. Ga ada yang kebetulan kalo lo memang mau kerja keras dan konsisten untuk mewujudkan passion lo.

Saatnya share ide dan submit proposal #ProjectPassion lo sekarang di Passionville 2017 #PassionForNation. Karena proposal dengan ide terbaik bakal berkesempatan buat diwujudkan. Let's join now

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

3 Kontribusi Nyata Yang Bisa Lo Lakukan Lewat #ProjectPassion
Sebuah #ProjectPassion Kolaborasi Dari Is, Arina dan Teman-Teman IMJ Untuk #PassionForNation
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.