The Popo, Biarkan Gambar Yang Bercerita
The Popo, Biarkan Gambar Yang Bercerita
By : Nara Sophiaan

Ryan Riyadi adalah salah satu seniman jalanan, atau street artist, yang karya-karyanya banyak menghiasi berbagai tembok di ruang publik di Jakarta yang sebagian besar berisi kritik sosial.

Selama sekitar dua belas tahun menjadikan tembok sebagai medium artistiknya, pria kelahiran 1980 ini lebih dikenal melalui karakter gambar hasil rekaannya yaitu The Popo. 

Sebagai seniman jalanan, apa yang dilakukan oleh Ryan Riyadi adalah bukan sekedar hal coret-mencoret tembok kota. Hal yang dilakukan ini berangkat dari passion-nya sebagai street artist yang memiliki ciri berbeda dengan pelukis grafiti lainnya. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan tembok kosong untuk dilukis. Ryan Riyadi yang mendapatkan penghargaan sebagai The Best Mural Artist pada acara Tembok Bomber Award 2010 ini mengaku memiliki konsep dan tujuan dari setiap karya nya.

Menurut Ryan Riyadi dari setiap karya muralnya, memuat history (sejarah) yang ada di sekitar tembok itu dan menjelaskan filosofinya dalam berkarya di area tembok yang dibikin. Hampir dari semua karya mural Ryan di berbagai tembok di jalanan Ibu kota, sebagian besar diantaranya memuat kritik sosial. Karena menurutnya dengan berpijak pada realitas sosial di sekelilingnya, membuatnya "tidak perlu meraba-raba" dalam melahirkan karya seninya. Hal tersebutlah yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari dan merupakan sebuah motivasi bagi Ryan Riyadi untuk mengaplikasikannya dalam karya-karya muralnya.

Passioners, penasaran ga sih buat mendengarkan ide-ide inspiratif dan cerita-cerita mengenai karyanya?  Save the date bagi kalian yang ga mau ketinggalan acara sharing session bersama The Popo di Campus Roadshow Passionville 2017 . Lo bisa cek tanggal-tanggal berikut:

    1. 19 April 2017 di Kampus ISI Yogyakarta

    2. 21 April 2017 di Taman Budaya Surakarta Solo

    3. 28 April 2017 di Kampus ITS Surabaya

    4. 3 Mei 2017 di Semarang.

Apa aja yang bisa lo lakukan di Passionville 2017 Campus Roadshow? Liat jadwal lengkapnya di sini.

Untuk info lengkap tentang Passionville 2017 Campus Roadshow dan gimana cara daftar jadi Diplomat Agent of Passion buat mencari project-project keren di sekitar lo, kunjungi halaman ini dan pantau terus akun media Instagram, Facebook, dan Twitter Passionville!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

#PassionForNation #MusicConcert #Solo Through The Lens!
3 Kontribusi Nyata Yang Bisa Lo Lakukan Lewat #ProjectPassion
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.