Ukur Seberapa Besar Proyek Lo Punya Impact ke Lingkungan
Ukur Seberapa Besar Proyek Lo Punya Impact ke Lingkungan
By : Nara Sophiaan

Passioners ada sudah di fase eksekusi ide, dengan menjalankan proyek tersebut dan melibatkan tim serta peserta. Proyek berjalan lancar. Tapi ternyata ada yang lebih penting setelah itu.

Ketika membuat sebuah proyek dan menjalankannya, yang terpenting untuk ditanyakan adalah apakah gagasan Passioners yang telah tereksekusi itu benar-benar punya impact ke lingkungan, dan seberapa besar efeknya untuk orang-orang yang lo targetkan.

Mengukur impact sebuah proyek ke lingkungan dan/atau peserta bukan perkara mudah. Akan tetapi, jika mengetahui apa saja yang penting untuk diukur, tentunya Passioners akan lebih gampang melihat kekurangan dan kelebihan proyek tersebut setelah tereksekusi.

Fase pengukuran impact ada di dalam tahapan evaluasi. Passioners dapat melakukan hal-hal ini untuk mengukur seberapa bagus, seberapa besar, efek proyek tersebut ke peserta atau lingkungan.

Sesuaikah dengan SWOT?

Analisis SWOT kerap digunakan untuk merencanakan sebuah proyek. SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Walau digunakan di awal fase, SWOT ini menjadi semacam batasan visi dan misi secara teknis, yang rumusannya dapat menjadi parameter seberapa besar impact proyek Passioners ke khalayak. Plus, SWOT juga sekaligus merupakan alat yang tepat untuk mengevaluasi proyek.

Daftar SWOT terdiri dari; (1) Strength berisikan segala kekuatan proyek Passioners, berbagai ‘pros’ yang kira-kira dapat lo berikan melalui proyek lo, (2) Weakness adalah berbagai kelemahan yang lo temui sepanjang berjalannya proyek tersebut, (3) Opportunities berisikan berbagai peluang yang kira-kira punya efek positif ke masyarakat, (4) Threats merupakan ‘cons’ atau segala hal negatif yang terjadi pada konteks proyek lo yang sedang berjalan.

Analisis SWOT ini dapat didiskusikan dalam bentuk diskusi grup terfokus atau survei.

Lakukan diskusi grup terfokus (focus group discussion)

Dengan melibatkan perwakilan dari anggota dan tim Passioners, lo dapat memulai diskusi grup terfokus yang bicara soal bagaimana proyek tersebut bisa mempengaruhi atau bahkan mengubah hidup mereka. Apa saja poin yang membuat mereka berubah/terpengaruh, bagaimana itu bisa mempengaruhi/mengubah mereka, adalah poin penting yang mesti didiskusikan. Yang terpenting, mengeset impact sebagai gol ini juga mesti sejalan dengan visi dan misi Passioners sejak awal.

Menjalankan survei

Selain berformat FGD (focus group discussion), mengukur seberapa besar/bagus impact proyek Passioners adalah melalui survei, khususnya dalam bentuk tulisan. Yang mesti diingat, daftar pertanyaan mesti menyeluruh dan aligned dengan visi-misi proyek.

Dengan melakukan survei, peserta juga memiliki ruang privatnya sendiri untuk menuliskan pendapat mereka tanpa mesti repot menjawab pertanyaan lanjutan dari penggagas diskusi (seperti pada format FGD).

Survei ini pun dapat dilakukan bukan hanya untuk peserta, tapi juga untuk para pemangku kepentingan (stakeholders) yang membantu terselenggaranya proyek tersebut.

Mengukur seberapa besar impact proyek Passioners ke lingkungan tentunya akan menambah pembelajaran ke semua pihak. Baik lo sebagai penggagas proyek, para tim, peserta, maupun seluruh pemangku kepentingan.

Dan sekarang, setelah Passioners mampu mengevaluasi proyek sendiri, tak ada salahnya untuk mengeksekusi ide yang selama ini cuma terpendam di kepala. Untuk mewujudkan ide proyek tersebut, Passioners bisa ikutan #ProjectPassion di Passionville 2018 nanti.

Passionville adalah sebuah wadah untuk mewujudkan mimpi, tempat Passioners merealisasikan proyek sesuai passion yang impact-nya dapat dirasakan oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar lo. Passioners dapat mendaftarkan diri di www.passionville.id serta mengirimkan proposal proyek sesuai passion lo yang diharapkan dapat memiliki dampak positif.

Demi menjaring proposal-proposal keren dengan impact keren untuk lingkungan, Passionville juga akan road show di beberapa kota di Pulau Jawa dengan agenda seperti workshop, passion exhibition (seperti seni rupa, fotografi, otomotif, musik, dan film), sampai ke konser mini.

Nantikan kehadirannya dan wujudkan mimpi lo sendiri melalui #ProjectPassion di Passionville 2018!

Pantau terus informasi tentang #ProjectPassion di #Passionville2018 di Instagram, Facebook, juga akun Twitter-nya. Semoga sukses!

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA

Berkarier dari Project Passion yang Lo Buat
Kalau Sudah Ada Tanda-tanda Ini, Saatnya Perluas Proyek Lo
Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.